Berada Di Ruangan Ber-AC Ternyata Tidak Menyehatkan

Ilustrasi (c) shutterstock
Sekarang ini sudah banyak sekali fasilitas seperti rumah makan, supermarket hingga kantor yang mengunggulkan ruangan Ber-AC. Memang, akan sangat nyaman ketika berada di ruangan ber-AC. Anda tidak perlu khawatir akan berkeringat lebih atau bahkan merasa panas.
Khususnya untuk Anda yang bekerja lebih dari 8 jam di ruangan ber-AC. Katanya, jika terlalu lama berada di ruangan ber-AC bisa berbahaya bagi kesehatan.
Penelitian membuktikan ketika kita sedang berada di luar ruangan atau ruang terbuka, tubuh memperkuat sistem kekebalan karena sel-sel darah putih bisa bekerja dengan efektif karena mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Berbeda dengan ketika berada di dalam ruangan ber-AC. Kesehatan Anda bisa saja terganggu.
Yang paling sering terjadi adalah infeksi pernafasan seperti flu dan pilek. Tak jarang juga Anda akan terserang sakit kepala juga tenggorokan gatal. Menurut konsultan bedah THT, Dr. Gauri Mankekar dari Hinduja Hospital yang dikutip oleh Times of India, "AC menyebabkan pendingina melalui proses penguapan sehingga bisa mengeringkan selaput lendir di hidung dan juga mulut." Padahal, hidung, sinus dan tenggorokan bergantung pada kelembaban yang berfungsi untuk melindungi kekebalan tubuh.
Ketika kondisi lembab, sel-sel imun mampu menarik virus, bakteri dan alergen ke dalam perangkap sebagai pertahanan tubuh. Sayangnya, kebanyakan AC tidak dilengkapi humidifier jadi malah menghasilkan udara kering. Ini yang kemudian melemahkan pertahanan tubuh.
Selain itu, sering terpapar udara dari AC juga bisa merusak kulit dan menghilangkan elastisitasnya. Parahnya, Anda juga bisa terkena gatal-gatal ketika terlalu sering berada di ruangan ber-AC.
Namun tenang Ladies, Anda tidak perlu risau. Anda tidak perlu secara ekstrim menghindari ruangan ber-AC. Untuk mengurangi dampak buruk karena berlama-lama di ruangan ber-AC dengan beberapa hal ini.
  • Luangkan waktu untuk menghirup udara segar, bisa dilakukan ketika makan siang atau ketika pekerjaan tidak terlalu menumpuk.
  • Pastikan suhu AC di kantor tidak terlalu ekstrem. Paling tidak, tubuh Anda tidak terkejut ketika berpindah tempat dari luar dan masuk ke dalam ruangan. Ini bisa mempengaruhi kesehatan sendi Anda.
  • Pilih pakaian dengan bahan yang tidak terlalu tipis. Anda pasti apa yang terbaik untuk Anda pakai jika AC di kantor terlalu dingin. Setidaknya pilih pakaian dengan bahan yang bisa menghangatkan tubuh Anda.
  • Jangan lupa untuk mengkonsumsi air putih yang cukup. Ini bertujuan agar tubuh terhidrasi dengan baik. Jangan tunggu sampai merasa haus.
Tidak jarang memang pekerjaan menuntut kita untuk selalu berada di ruangan ber-AC. Memang, berlama-lama di ruangan ber-AC juga tidak baik untuk kesehatan. Namun, jika Anda sudah mengetahui bagaimana cara untuk menanggulanginya, Anda tidak perlu lagi khawatir
Post Title : Berada Di Ruangan Ber-AC Ternyata Tidak Menyehatkan

Berada Di Ruangan Ber-AC Ternyata Tidak Menyehatkan,

0 komentar

Poskan Komentar

Contact Us

WELCOME TO MY BLOG FREND
hei gunakan blogh nie tuk yank positive ja yapz!

Copyright and Usage

Blia da waktu kunjungi blog que lagi yapz!

Statistic

Categories

Pengikut

Blogroll

Header Ads

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Blogger news

Visit Our Blog

ShareThis

About Us

Other Sites to Enjoy