Mengapa Bayi Menangis Ketika Dilahirkan?


Mengapa Bayi Menangis Ketika Dilahirkan?
Tidak seperti kita yang hidup dengan diliputi udara, selama berada di dalam kandungan, janin hidup dalam lingkungan yang dipenuhi oleh cairan. Untuk memenuhi kebutuhannya akan nutrisi dan oksigen, terdapat saluran yang menghubungkan sistem peredaran darah janin dengan sistem peredaran darah ibu melalui tali pusar. Dan ketika bayi baru dilahirkan, saluran ini tiba-tiba menjadi tertutup, dan untuk mendapatkan pasokan oksigen, mau tidak mau bayi harus mengaktifkan sistem pernapasannya sendiri. Usahanya untuk memulai pernapasan inilah yang menyebabkan mengapa bayi menangis ketika dilahirkan.
Pernapasan pertama terjadi akibat adanya rangsangan mekanik pada saat dada bayi tertekan selama melewati jalan lahir. Selain itu, rangsangan kimiawi ketika tubuh bayi tiba-tiba kekurangan pasokan udara bagi proses metabolismenya akan mendorong bayi untuk bernapas. Perbedaan mencolok antara suhu dalam rahim dan suhu di luar pun tutut memberi andil dalam memaksa bayi untuk bernapas. Napas pertama dari udara ini sendiri akan terasa cukup menyakitkan dan karenanya menyebabkan tangisan pada bayi. Namun, menangis ini justru baik bagi sang bayi, karena menangis merupakan cara paling efisien untuk segera memompa paru-paru untuk mendapatkan udara.

Ketika baru lahir, bayi belum memiliki organ yang sempurna. Fisik dan beberapa organ bayi masih butuh beradaptasi dengan lingkungan luar yang baru dia kenal. Perubahan lingkungan pertama yang bayi hadapi saat lahir adalah perbedaan temperatur di dalam rahim ibu yang lebih hangat dengan lingkungan luar yang jauh lebih dingin. Selain itu, bayi juga terbiasa hidup dalam kegelapan, saat dilahirkan terjadi perubahan dimana bayi tiba-tiba mendapati keadaan dengan intensitas cahaya yang sangat tinggi. Semua perubahan ini tidak serta merta langsung dapat diterima oleh bayi. Oleh karena itu, bayi akan merespon perubahan yang dia rasakan ini dengan cara menangis.

Menangis saat lahir sangat penting bagi bayi,...
Post Title : Mengapa Bayi Menangis Ketika Dilahirkan?

Mengapa Bayi Menangis Ketika Dilahirkan?,

0 komentar

Poskan Komentar

Contact Us

WELCOME TO MY BLOG FREND
hei gunakan blogh nie tuk yank positive ja yapz!

Copyright and Usage

Blia da waktu kunjungi blog que lagi yapz!

Statistic

Categories

Pengikut

Blogroll

Header Ads

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Blogger news

Visit Our Blog

ShareThis

About Us

Other Sites to Enjoy